Golongan yang mengemukakan asal atau sumber pengetahuan :
1. Rasionalisme: sumber pengetahuan manusia ialah pemikiran, rasio dan jiwa.
2. Empirisme : pengetahuan manusia berasal dari pengalaman manusia itu sendiri. Melalaui dunia luar yang ditangkap oleh panca indera.
3. Kritisisme (Transendentalisme) : bahwa pengetahuan manusia berasal dari luar dan jiwa atau pikiran manusia sendiri.
TEORI PENDIDIKAN
ARTI
FITRAH
FITRAH
Tujuan Pendidikan Islam.
Tujuan adalah arah,maksud atau haluan.(bhs.arab : Ghoyat,Ahdaf(Maqoshid)-Goal,Purpuse,Obyektives/Aim(bhs.Inggris) (Etimologi).
Tujuan berarti Sesuatu yg.diharapkan tercapai setelah sebuah usaha atau kegiatan selesai.
Tujuan adalah proses pendidikan islam adalah Identitas yang mengandung nilai-nilai islam yg.hendak dicapai dalam proses kependidikan yg.berdasar ajaran islam scr.bertahap (H.M. Arifin).
Fungsi Tujuan :
1. Suatu usaha baru berakhir setelah tujuan akhir tercapai.
2. Tujuan mengarahkan usaha.
3. Tujuan sbg.titik tolak utk.mencapai tujuan lain.
4. memberi nilai(sifat) pada usaha.
Tujuan adalah arah,maksud atau haluan.(bhs.arab : Ghoyat,Ahdaf(Maqoshid)-Goal,Purpuse,Obyektives/Aim(bhs.Inggris) (Etimologi).
Tujuan berarti Sesuatu yg.diharapkan tercapai setelah sebuah usaha atau kegiatan selesai.
Tujuan adalah proses pendidikan islam adalah Identitas yang mengandung nilai-nilai islam yg.hendak dicapai dalam proses kependidikan yg.berdasar ajaran islam scr.bertahap (H.M. Arifin).
Fungsi Tujuan :
1. Suatu usaha baru berakhir setelah tujuan akhir tercapai.
2. Tujuan mengarahkan usaha.
3. Tujuan sbg.titik tolak utk.mencapai tujuan lain.
4. memberi nilai(sifat) pada usaha.
1.Prinsip Universal(menyeluruh).
Dalam merumuskan tujuan pend.Islam yg.perlu diperhatikan adalah seluruh aspek kehidupan.
2. Prinsip Keseimbangan dan kesederhanaan.
Dunia—Akherat, Jasmani—Rokhani, Kep.Pribadi—Kep.Umum
3. Prinsip Kejelasan.
Ajaran dan hukum memberi kejelasan thd aspek spiritual dan aspek intelektual , manusia— Akan terwujud tujuan, kurikulum dan metode pend.yang jelas.
4. Prinsip tdk ada pertentangan
Pada dasarnya ada komponen yg. Saling menunjang dan membantu dlm.Pegembangan pend.islam.
5.Prinsip realisme-dpt. Dilaksanakan.
Rancang bangun yg.akan dilakukan hendaknya dpt. Terwujud dalam relaita.
6.Prinsip Perubahan.
Perubahan Jasmaniah,Spritual,Intelektual,Individu,Emosi,Tingkat kematangan berfikir dll.
7. Menjaga perbedaan antar individu.
8. Prinsip dinamis da perubahan serta perkembangan dlm memperbaiki metode dlm.pendi. Agama.
Muhamad Qutb meleltakan dasar yg.harus memberi petunjuk agar memelihara contaknya scr.terus menerus dg.Allah..
C. Pend.Akal. (Al ahdaf al Aqlliyah).
Tujuan ini mengarah kpd.perkembangan intelegensi yg.mengarah setiap manusia sbg.individu unt.menemukan kebenaran yg.sebenar-benarnya.
D. Tujuan Sosial (al Ahdaf al-ijma’iyah)
Kholifah mempunyai kepribadian dan keseimbangan,shg. Khalifah tdk.akan hidup dlm. Keterasingan dan ketersendirian. Aspek sosial hrs. dipelihara.
Menurut Abdurrahman Saleh,bahwa pendidikan islam,yaitu mewujudkan manusia ideal sbg. ‘abid Allah atau ‘ibad Allah yg.tunduk total kepada Allah.
C. Pend.Akal. (Al ahdaf al Aqlliyah).
Tujuan ini mengarah kpd.perkembangan intelegensi yg.mengarah setiap manusia sbg.individu unt.menemukan kebenaran yg.sebenar-benarnya.
D. Tujuan Sosial (al Ahdaf al-ijma’iyah)
Kholifah mempunyai kepribadian dan keseimbangan,shg. Khalifah tdk.akan hidup dlm. Keterasingan dan ketersendirian. Aspek sosial hrs. dipelihara.
Menurut Abdurrahman Saleh,bahwa pendidikan islam,yaitu mewujudkan manusia ideal sbg. ‘abid Allah atau ‘ibad Allah yg.tunduk total kepada Allah.
Menurut M.Djunaidi Ghany.
Tujuan Pendi.Islam adalah :
1. Pembinaan kepribadian anak didik yg.sembpurna
a. Pend.harus mampu membentuk kekuatan dan kesehatan badan serta pikiran anak didik.
b. Sebagai individu, maka anak hrs.dapat mengembangkan kemampuan yg.maksimal.
c. Sbg.anggota masy. Anak hrs. dpt.memiliki taggungjawab sbg.warga negara
d. Sbg.Pekerja,a nak hrs. bersifat efektif dan produktif serta cinta akan kerja.
2. Peningkatan moral, tingkah laku yg.baik dan menanamkan rasa kepercayaan anak thdp. Agama dan kepada Allah.
3. Mengembangkan itelegensi anak scr. Efektif.
Tujuan Pendi.Islam adalah :
1. Pembinaan kepribadian anak didik yg.sembpurna
a. Pend.harus mampu membentuk kekuatan dan kesehatan badan serta pikiran anak didik.
b. Sebagai individu, maka anak hrs.dapat mengembangkan kemampuan yg.maksimal.
c. Sbg.anggota masy. Anak hrs. dpt.memiliki taggungjawab sbg.warga negara
d. Sbg.Pekerja,a nak hrs. bersifat efektif dan produktif serta cinta akan kerja.
2. Peningkatan moral, tingkah laku yg.baik dan menanamkan rasa kepercayaan anak thdp. Agama dan kepada Allah.
3. Mengembangkan itelegensi anak scr. Efektif.
1. DR. Nurwadjah Ahmad E.Q, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan, Penerbit Marja,Bandung, 2007.
2. Prof.DR.Jusuf Amir Feisal, Reorientasi Pendidikan Islam, Gema Insani Press, Jakarta, 1995
3. DR. Ahmad Tafsir, Pendidikan dalam Perpektif Islam, Rosdakarya, Bandung.
4. Zakiyah Darajat, Ilmu Pendidikan Islam, Bumi Aksara.
5. Miska Muhammad Amin, Epistimologi Islam,UI Press, Jakarta,1995.
6. M.H. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Bumi Aksara, 1991.
7. Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Kalam Mulia, Jakarta, 2001.
8. Abdurrahman Al-Nahdlawi, Pendidikan Islam dirumah Sekolah dan Masyarakat, Gema Insani Press, Jakarta, 1994.
2. Prof.DR.Jusuf Amir Feisal, Reorientasi Pendidikan Islam, Gema Insani Press, Jakarta, 1995
3. DR. Ahmad Tafsir, Pendidikan dalam Perpektif Islam, Rosdakarya, Bandung.
4. Zakiyah Darajat, Ilmu Pendidikan Islam, Bumi Aksara.
5. Miska Muhammad Amin, Epistimologi Islam,UI Press, Jakarta,1995.
6. M.H. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Bumi Aksara, 1991.
7. Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Kalam Mulia, Jakarta, 2001.
8. Abdurrahman Al-Nahdlawi, Pendidikan Islam dirumah Sekolah dan Masyarakat, Gema Insani Press, Jakarta, 1994.